.: e-NASIHAT :.

Kupu-kupu bungaApabila kita berharap agar Allah senantiasa menganugerahkan kepada kita apa-apa yang kita cintai dan sukai maka hendaklah kita senantiasa menjaga dan melaksanakan apa-apa yang dicintai dan disukai oleh Allah.
(Salah seorang ahli hikmah)

” Kenalilah Allah saat kamu senang, niscaya Dia (Allah) akan mengenalimu saat kamu sedang susah.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Hakim dan Baihaqi)

    ” Barangsiapa yang menempatkan hatinya di sisi Allah, niscaya akan tenanglah hatinya. Barangsiapa yang melepaskannya kepada manusia, niscaya akan goyahlah hatinya ” (Yahya bin Mu’adz)
    ” Malam itu panjang, maka janganlah engkau memendekkannya dengan tidurmu. Siang itu bersih, maka janganlah engkau mencemarinya dengan dosa-dosamu.” (Yahya bin Mu’adz)

” Padang dunia ditempuh dengan kaki dan padang akhirat ditempuh dengan hati.” (Yahya bin Mu’adz)

“Semoga Allah merahmati orang yang baik bicaranya dan meraih kebaikan atau yang diam dan menghindari keburukan.”
(Ibnu Mubarak)

“Sungguh Allah Subhaanahu Wata’ala telah menganugerahkan kepada kita nikmat yang sangat banyak yang tidak sanggup kita hitung, padahal kita banyak bermaksiat kepada-Nya, sampai-sampai kita tidak tahu apa yang harus kita syukuri? Apakah kita mensyukuri nikmat kebaikan yang telah Dia tebarkan untuk kita? Ataukah atas rahmat-Nya yang telah menutupi keburukan dan kemaksiatan yang telah kita perbuat dari pengetahuan orang lain?” (Sebagian ulama salaf)

“Dunia adalah kesenangan yang (akan) segera ditinggalkan. Demi Allah yang tiada Ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Dia, tak lama lagi (dunia ini) akan hancur bersama penduduknya. Maka ambillah dari kesenangan dunia untuk mentaati Allah semampu Anda! Sesungguhnya tiada daya dan upaya kecuali dari Allah.” (Qatadah  (salah seorang murid Ibnu Mas’ud ))

“Tidaklah seorang hamba menghadap (beribadah) kepada Allah dengan menghadirkan hatinya, melainkan Allah akan menghadapkan hati orang-orang yang beriman kepadanya, hingga mereka mencintainya.” (Harom bin Hayyan)

Dari Abu Hurairah ia berkata Rasulullah shallallahu wa’alaihi wasallam bersabda: “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai [tidak mengingat Allah].” (HR.Tirmidzi : 3479)

“Tidak ada sesuatu yang diletakkan dalam timbangan di hari kiamat kelak yang lebih berat daripada akhlak yang baik. Dan sesungguhnya seorang yang berakhlak baik akan bisa mencapai derajat orang yang rajin berpuasa dan shalat (sunnah).” (HR. At-Tirmidzi)

Baginda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda; “Jika seseorang masuk ke dalam rumahnya lalu ia menyebut asma Allah Ta’ala (bismillah) saat ia masuk dan saat ia makan, maka syaitan berkata kepada teman-temannya, tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.”
Dan jika ia masuk, tanpa menyebut asma Allah Ta’ala saat hendak masuk rumahnya berkatalah syaitan: “Kalian mendapatkan tempat bermalam, dan apa bila dia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan, maka syaitan berkata; “kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam.” (HR. Bukhari)

Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’, janganlah kamu membentak mereka, & ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. Al-Isra’: 23)

Jadikanlah sabar seperti sabarnya ulat yang menanti menjadi kepompong, dan kepompong pun harus bersabar untuk menjadi seekor kupu-kupu yang indah..
Jadikanlah sabar seperti sabarnya kaktus yang bertahan di padang pasir yang panas untuk menanti mekarnya kuncup bunga sebagai penghiburnya..
Jadilah sabar seperti sabarnya bumi menanti hujan yang turun dari langit untuk menumbuhkan biji-bijian dalam perutnya..
Sabar ,bukan berarti lemah, bukan pula berarti kalah..
Justru sabar adalah benteng keselamatan dari keputusasaan..
Bertawakal atas segala ujian..
Sesungguhnya ALLAH beserta orang-orang yang sabar..
(QS. Al-Baqarah: 153)

“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Thalaq [65]: 2-3)

“Dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kalian menggunjing (ghibah) kepada sebagian yang lainnya. Apakah kalian suka salah seorang diantara kalian memakan daging saudaramu yang sudah mati? Maka tentulah kalian membencinya. Dan bertaqwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat dan Maha Pengasih.” (QS. Al-Hujurat: 12)
________________________________________________________________
Bagi teman-teman yang ingin berbagi nasihat, silakan kirim nasihat teman-teman ke alamat berikut :

Via SMS
ketik : e-NASIHAT (spasi) nama anda (spasi) alamat (spasi) nasihat anda
kirim ke 0856 4752 5076


Via E-Mail

Tulis nasihat anda kirim ke arifdwi_045@yahoo.com

Atau                                                                                                                                                                                                                                                                      Langsung ketik di kotak comment, insyaAllah akan di posting

6 Comments Add your own

  • 1. fachrul  |  January 6, 2013 at 9:25 am

    mas saat ini aku terkena PHK dari kantor saya ,,,, selain cari kerja yang baru apa yang saya harus lakukan …. dulu saat saya masih kerja saya lalai dalam menjalankan perintah …
    masih adakah rahman dan rahimmnya allah buat saya ??
    dan apakah allah masih mau mendengar doa-doa saya ??

    Reply
    • 2. arif dwi prasetyo  |  January 6, 2013 at 11:28 am

      Mas Fachrul, sesungguhnya Allah lebih senang kepada hamba-Nya yang memohon dan berdoa kepada-Nya, karena hal itu menunjukkan bahwa sesungguhnya manusia itu lemah dan butuh pertolongan Allah. Dan sebaliknya Allah sangat benci kepada orang-orang yang sombong, yang tidak mau berdoa kepadanya, ia menganggap apa yang di milikinya semata hasil jerih payahnya, padahal itu semua adalah titipan dari-Nya…
      Maka dari itu janganlah ragu dan putus asa untuk berdoa kepadanya, bagaimanapun kondisi kita sebelumnya. Perbanyaklah berdoa kepadanya, terutama di sepertiga malam terakhir, karena saat itulah Allah turun ke langit dunia untuk mendengar doa hamba-hamba Nya…

      Reply
  • 3. fachrul  |  January 6, 2013 at 9:20 am

    Mas aku mau tanya apakah allah akan memamafkan hambanya yang telah lama tidak menghiraukannya

    Reply
    • 4. arif dwi prasetyo  |  January 6, 2013 at 10:54 am

      Mas fachrul, ketahuilah bahwasanya Allah itu Maha Pengasih dan Penyayang…. Sebanyak apapun kita menghiraukannya, sesering apapun kita melupakannya, pintu rahman dan rahim-Nya senantiasa terbuka untuk hamba-Nya. Asalkan kita sungguh2 untuk kembali pada-Nya, bersungguh-sungguh untuk tunduk dan taat pada perintah-Nya, bertaubat Nasuha atas segala salah dan khilaf kita….
      Sesungguhnya Allah sangat senang kepada hamba2 Nya yang kembali berserah diri kepada-Nya….
      Bismillah, berniatlah untuk senantiasa mendekat kepada-Nya

      Reply
  • 5. siti  |  January 3, 2013 at 10:41 pm

    subhanalloh,,,katanya menyentuh hati,,trm kasih

    Reply
    • 6. arif dwi prasetyo  |  January 4, 2013 at 5:43 pm

      Alhamdulillah, sama2, (^.^)

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d bloggers like this: