.:: SEBUTAN MULIA BAGI ORANG BERIMAN ::.

October 13, 2009 at 9:12 am Leave a comment

A. AL MUKMINUN

Sifat-sifat mereka yang disebutkan dalam Al-Qur’an,antara lain :
1. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan Hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.”(Q.S Al Anfaal 2)

[594] Maksudnya: orang yang Sempurna imannya.
[595] dimaksud dengan disebut nama Allah ialah: menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakannya.

2.”(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka.” (Q.S Al Anfaal 3)

3.”Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S At Taubah 71)


4. “Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama Dia, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. dan mereka Itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan, dan mereka Itulah orang-orang yang beruntung.” (Q.S At Taubah 88)

5.”Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, Kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. mereka Itulah orang-orang yang benar.” (Q.S Al Hujurat 15)

6.”Orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, tidak akan meminta izin kepadamu untuk tidak ikut berjihad dengan harta dan diri mereka. dan Allah mengetahui orang-orang yang bertakwa.” (Q.S At Taubah 44)

7.”Apakah (orang-orang kafir itu sama dengan) orang-orang yang ada mempunyai bukti yang nyata (Al Quran) dari Tuhannya, dan diikuti pula oleh seorang saksi (Muhammad)[715] dari Allah dan sebelum Al Quran itu Telah ada Kitab Musa yang menjadi pedoman dan rahmat?. mereka itu beriman kepada Al Quran. dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al Quran, Maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya, Karena itu janganlah kamu ragu-ragu terhadap Al Quran itu. Sesungguhnya (Al Quran) itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.” (Q.S Huud 17)

[715] ada yang menafsirkan saksi di sini dengan Jibril a.s. Adapula yang menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan saksi di sini ialah Al Quran itu sendiri Karena Al Quran itu adalah suatu mukjizat yang tidak dapat dibantah atau dibatalkan.

8.”(yaitu) orang-orang yang mendirikan sembahyang dan menunaikan zakat dan mereka yakin akan adanya negeri akhirat.” (Q.S An Naml 3)

9.”Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud[1406]. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya Maka tunas itu menjadikan tanaman itu Kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya Karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Q.S Al Fath 29)

[1406] Maksudnya: pada air muka mereka kelihatan keimanan dan kesucian hati mereka.

10.”Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang Telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya Telah diturunkan Al Kitab kepadanya, Kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Q.S Al Hadid 16)

11.”Dan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka itu orang-orang Shiddiqien[1458] dan orang-orang yang menjadi saksi di sisi Tuhan mereka. bagi mereka pahala dan cahaya mereka. dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka Itulah penghuni-penghuni neraka.” (Q.S Al Hadid 19)

[1458] ialah: orang-orang yang amat teguh kepercayaannya kepada kebenaran rasul, dan inilah orang-orang yang dianugerahi nikmat sebagaimana yang tersebut dalam surat Al Faatihah ayat 7.

12.”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (Q.S Al Bayyinah : 7)

13.”Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah Lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.” (Q.S Al Maidah : 54)

14.”Katakanlah: “Jika bapa-bapa , anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNya dan dari berjihad di jalan Nya, Maka tunggulah sampai Allah mendatangkan Keputusan NYA”. dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.” (Q.S At Taubah : 24)

Dari Uraian ayat-ayat diatas dapat digarisbawahi, bahwa ciri-ciri (sifat-sifat) golongan AL-MUKMINUN adalah sebagai berikut :
1. Orang yang selalu gemetar hatinya jika disebut nama Allah, dan imannya bertambah jika ayat-ayat Allah dibacakan kepada mereka. (Q.S Al Anfaal 2)
2. Orang yang selalu bertawakal kepada Allah atas setiap persoalan yang dihadapinya. (Q.S Al Anfaal 2)
3. Orang orang yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rizki yang telah Allah berikan kepada mereka. (Q.S Al Anfaal 3)
4. Mereka yang selalu berwala’ kepada orang-orang beriman; beramar ma’ruf dan nahi munkar; mendirikan shalat; menunaikan zakat dan taat kepada Allah dan Rasulnya (Q.S At Taubah 71)
5. Merka yang beriman kepada Allah, Rasul dan berjihad dengan harta dan jiwanya. (Q.S At Taubah 88; Q.S Al Hujurat 15)
6. Mereka yang tidk pernah minta idzin untuk meninggalkan jihad fi sabilillah (Q. S At Taubah 44)
7. Mereka yang beriman kepada Al Qur’an (Q.S Huud 17)
8. Mereka yang yakin akan adanya negeri akhirat (Q.S An Naml 3)
9. Mereka yang bersikap keras terhadap orang kafir; kasih sayang kepada orang-orang beriman; selalu ruku’ dan sujud untu mencari ridho Allah (Q.S Al Fath 29)
10. Hatinya selalu tunduk kepada Al Haq dan selalu mengingat Allah (Q.S Al Hadid 16)
11. Mereka yang berbuat jujur. (Q.S Al Hadid 19)
12. Mereka adalah makhluk yang terbaik (Q.S Al Bayyinah 7)
13. Mereka yang tidak pernah takut pada orang yang mencela keimanan mereka. (Q.S Al Maidah 54)
14. Mereka yang lebih mencintai Allah, Rasul, dan Jihad, diatas segala-galanya. (Q.S At Taubah 24)

Baca juga sebutan mulia kedua : AL MUKMINUN AL MUFLIHUN

Entry filed under: QUR'AN & HADITS. Tags: , .

.:: Amalan utama di bulan Ramadhan ::. .:: AL-MUKMINUN AL-MUFLIHUN ::.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Archives

Jangan Lupa Shalat Ya!

Guest

  • 120,998 pengunjung

Hijri Calender

Yahoo Messenger

Save Palestine

More Photos

Waiting For

1st wedding anniversaryJune 6th, 2015
Alhamdulillah . . . ^^

Masukkan email anda

Join 1 other follower

My Location

08564752xxxx
Keep Istiqomah !

Calendar

October 2009
M T W T F S S
« Aug   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

My Profile

arif dwi prasetyo

arif dwi prasetyo

I am a simple man who like the simplicity

View Full Profile →

Member of The Internet Defense League


%d bloggers like this: