.:: Kisah Sebuah Ember Bocor ::.

September 12, 2013 at 2:58 pm Leave a comment

kisah sebuah ember bocorSahabatku, ada sebuah cerita inspiratif  yang semoga bisa menambah semangat hidup kita meskipun dengan berbagai kekurangan yang kita miliki.

Alkisah, ada seorang pemuda yang tinggal di rumah sederhana di sebuah desa terpencil. Untuk menyambung hidupnya, pemuda itu bekerja sebagai pengambil air sumur. Air itu digunakan untuk mengisi bak air di rumah majikan yang mempekerjaknnya.
Dengan pikulan dan ember kayu di sisi kiri dan kanan tubuhnya, sang pemuda tekun bekerja. Jalan sepanjang satu kilometer dilalui dengan riang. Sayangnya ember yang dibawa si pemuda salah satunya bocor. Jika yang satu bisa membawa air seember penuh sampai tujuan, ember yang satu lagi hanya bisa menyisakan setengah ember. Karena kondisi itu, setiap kali si pemuda mengisi air, ember bocor merasa kecewa karena tak bisa memberikan yang terbaik bagi pemiliknya.

Ia pun berkata pada sang pemuda. ” Tuan, saya sedih dan malu sekali. Saya meminta maaf,” ungkap si ember.

” Kenapa kamu sedih?” Tanya tuannya.

” Selama saya membantuTuan, saya hanya bisa menyumbangkan setengah ember air ke rumah majikan Tuan. Akibat kondisi saya, tuan harus bekerja lebih keras lagi.”

Mendengar keluhan ember bocor, pemuda itu terdiam sejenak. Namun, tak lama kemudian ia berkata,” Di perjalanan pulang nanti, coba lihat baik-baik tepian jalan yang kita lalui.”

Saat perjalanan pulang, si ember bocor pun memperhatikan tepi jalan yang mereka lewati.

Di bawah sorot hangat sinar matahari, bunga-bunga beraneka warna tumbuh berkembang dis epanjang jalan. Melihat pemandangan yang indah itu, si ember merasa terhibur hatinya.
“Hai emberku, lihatlah bunga yang tumbuh dan mekar di sisi sebelahmu, itu bisa terjadi karena aku sengaja menabur benih bunga di sisimu. Tahukah kamu mengapa aku melakukannya? Sebab dengan air yang terpancar dari bocoranmu tanpa disadari kamu telah menyiram bunga itu setiap kita melalui jalan ini. Indah sekali bukan? Bunga itu kupetik untuk dipajang di rumah majikan kita, kalau tak ada kamu, rumah majikanku barangkali tak seindah itu. Jadi seharusnya akulah yang berterimakasih padamu.” Kata si tukang air.

Mendengar semua perkataan itu, si ember bocor pun merasa senang dan bersyukur. Meski dirinya tak utuh lagi, ternyata hidupnya masih tetap bisa berguna serta membahagiakan orang lain.

Sahabatku, dari kisah diatas tersirat makna, janganlah kita larut dengan segala kekurangan dan kelemahan semata, sehingga timbul perasaan rendah diri dalam mengarungi hidup. Padahal sekecil apapun peran kita sepanjang menaburkan kebaikan, pastilah keindahan pula yang bisa kita petik kelak. Tak ada manusia yang sempurna. Bagaimana pun kecilnya peranan pekerjaan yang kita emban, bila dilakukan dengan penuh tanggung jawab, pastilah akan memiliki nilai dan arti bagi orang lain. Tanamkan benih kebaikan dan sirami dengan penuh perhatian. Maka buah kebaikan yang  akan kita petik, dan pastilah pula mampu mendatangkan kebahagiaan.

Senyum ^^

Entry filed under: AKHLAQ, KISAH TELADAN. Tags: , .

.:: Jodoh, Takdir Atau Pilihan? ::. .:: Kisah Suami & Istri, . . . Kutuliskan Kekuranganmu ::.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Archives

Jangan Lupa Shalat Ya!

Guest

  • 50,851 pengunjung

Hijri Calender

My Twitter

Yahoo Messenger

Save Palestine

More Photos

Waiting For

Road To Solo & WonogiriMarch 8th, 2014
I'm Coming ...........

Masukkan email anda

Join 1 other follower

My Location

08564752xxxx
Keep Istiqomah !

Calendar

September 2013
M T W T F S S
« May   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

My Profile

arif dwi prasetyo

arif dwi prasetyo

I am a simple man who like the simplicity

View Full Profile →

Member of The Internet Defense League


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: