.:: Sahabat terbaikku menampar dan menolongku ::.

January 23, 2013 at 5:21 pm Leave a comment

sahabat-terbaikBismillahirrahmanirrahim

Sahabatku yang dirahmati Allah, ketika engkau mendapatkan kebahagiaan atau keberuntungan yang luar biasa, tentu hatimu akan bergelora karena gembira, sebaliknya ketika engkau tertimpa musibah yang tidak menyenangkan, maka hatimupun akan merasa dingin dan bergejolak sedih, semua itu sebuah kewajaran karena sifat asal manusia memang seperti itu..

Lalu bagaimana dengan interaksi kita kepada sesama, interaksi dengan para sahabat kita, saudara kita, orang tua kita maupun guru-guru kita. Bila ada dosa dan khilaf ditengah menjaga ukhuwah silaturahmi maka apa yang harus kita lakukan?

Kawanku, bagaimana jika engkau disakiti oleh sahabatmu? apa yang kau lakukan?

Sebuah kisah menarik mari kita ambil manfaatnya…

Ini sebuah kisah tentang dua orang sahabat karib yang sedang berjalan melintasi gurun pasir. Di tengah perjalanan, terjadi pertengkaran diantara mereka, dan salah seorang menampar temannya. Orang yang kena tampar merasa sakit hati, namun tak sepatah kata pun keluar dari mulutnya, dia hanya menulis kalimat di atas pasir; HARI INI, SAHABAT TERBAIKKU MENAMPAR PIPIKU.

Dua sahabat ini kemudian melanjutkan perjalanannya, hingga mereka sampai di sebuah telaga dan mereka sepakat untuk mandi. Di sini, orang yang tadi ditampar wajahnya kembali mengalami kejadian tidak menyenangkan, ia mencoba berenang dalam telaga tersebut namun nyaris tenggelam. Melihat kejadian berbahaya itu, teman yang tadi menampar dengan sigap melompat kedalam air untuk menyelamatkan sahabatnya.

Setelah berhasil di tarik ke daratan, teman yang nyaris tenggelam tadi berdiri dan kemudian menulis kalimat di sebuah batu besar, HARI INI, SAHABAT TERBAIKKU MENYELAMATKAN NYAWAKU.

Orang yang menampar dan menolong sahabatnya, bertanya, “Kenapa ketika aku tadi menampar wajahmu engkau menulis di atas pasir, dan sekarang setelah aku menyelamatkanmu engkau menulis di atas batu?”

Dengan tersenyum sahabatnya menjawab, “Ketika seorang sahabat menyakiti kita, maka hendaklah kita menuliskannya di atas pasir, agar ada angin maaf yang meniupnya sehingga ia terhapus dengan mudah. Tapi ketika seorang sahabat berbuat baik kepada kita, hendaklah kita pahat di atas batu hati kita, agar tidak hilang tertiup angin.”

Air matapun jatuh membasahi pipi sahabat yang menampar. Sebuah pengajaran yang sangat bijak dia dapatkan dari sahabatnya, seolah seperti salju yang menyejukkan seluruh jiwanya di tengah terik sahara yang membakar. Sehingga meskipun tadi ada pertengkaran, tapi jiwanya seperti terikat dengan jiwa sahabatnya, yang dibalut kebijaksanaan.

Memberi maaf, meskipun hanya dalam diam, membuat dua jiwa kembali menyatu, dan tumbuh untuk saling memahami.

Kawan, siapakah sahabat terbaikmu, sahabat yang senantiasa mengajakmu pada jalan kebenaran, sahabat yang selalu mengingatkanmu agar tak lupa sembahyang, sahabat yang selalu menuntunmu untuk selalu dekat dengan alquran, sahabat yang benci melihatmu bermalas-malasan, sahabat yang marah ketika kamu berkata kasar, sahabat yang peduli saat kamu dilanda kesusahan, siapakah sahabat terbaikmu itu?

Sesulit apapun kehidupan yang sedang dijalani, dan seberat apapun perjuangan yang sedang dihadapi, pasti akan terasa lebih ringan dan damai jika ada sahabat yang selalu setia menyertai, dibanding jika semuanya harus ditanggung seorang diri.  Dan sebaliknya, keberhasilan spektakuler yang kita raih pun terasa tak berarti apabila tidak ada siapa-siapa untuk tempat berbagi. Demikianlah hidup ini, jadi ‘miris’ sekali jika selamanya harus dijalani sendiri, maka itu sahabat yang setia harus kita cari sebagai teman berbagi setiap cerita kehidupan yang kita alami.

Adopted from : http://temonsoejadi.com/2012/09/24/siapa-sahabat-terbaikmu/

About these ads

Entry filed under: AKHLAQ, KISAH TELADAN. Tags: , .

.:: Dibalik Cinta Dalam Diam ::. .:: Hati-hati Bawa Hati ::.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Archives

Jangan Lupa Shalat Ya!

Guest

  • 40,352 pengunjung

Hijri Calender

My Twitter

Yahoo Messenger

Save Palestine

More Photos

Waiting For

Road To Solo & WonogiriMarch 8th, 2014
I'm Coming ...........

Masukkan email anda

Join 1 other follower

My Location

08564752xxxx
Keep Istiqomah !

Calendar

January 2013
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

My Profile

arif dwi prasetyo

arif dwi prasetyo

I am a simple man who like the simplicity

View Full Profile →

Member of The Internet Defense League


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: