.:: KEJATUHAN CICAK, Sinyal Ketiban Sial? ::.

August 6, 2009 at 2:07 am 90 comments

Cicak memang bukan jenis hewan yang biasa dikeramatkan. Orang tidak takut membunuh atau menjadikannya sebagai santapan kucing atau hewan piaraan lainnya. Mereka juga tidak merasa khawatir jika tanpa sengaja menginjak cicak. Anehnya begitu kejatuhan cicak, banyak yang ketakutan, hati berdebar, jantung berdegup kencang. Disangkanya itu adalah sinyal bakal hadirnya nasib sial. Seperti meninggalnya sebagian anggota keluarga, atau musibah lain. Merekapun mengistilahkan ini dengan firasat.

Antisipasipun segera dilakukan. Caranya pun bermacam-macam. Bahkan ada yang berusaha menangkap cicak yang menimpa dirinya, lalu disobek mulutnya. Sebagian lagi melakukan ruwatan dan ada pula yang melarang keluarganya bepergian, karena takut ditimpa kesialan seperti kecelakaan dan semisalnya.

Inilah yang disebut dengan thiyarah, mengkaitkan datangnya sial maupun kemujuran berdasarkan sinyal dari suara burung atau yang semisalnya. Termasuk mengkaitkan akan datangnya kesialan dengan jatuhnya cicak yang mengenai tubuh seseorang. Jelas ini tidak benar dan termasuk kesyirikan. Nabi saw bersabda :
“Siapa yang mengurungkan hajatnya karena thiyarah, maka dia telah berbuat syirik.” (HR. Ahmad)

Thiyarah berbeda dengan firasat. Firasat itu berupa rasa tidak nyaman, keraguan yang datang tiba-tiba, atau feeling tertentu tanpa menandai perilaku hewan tertentu dengan kejadian tertentu yang memang tak ada hubungannya secara logis maupun berdasarkan dalil. Semua ‘kesaksian’ yang mengkaitkan antara keduanya hanyalah kebetulan. Faktanya, banyak yang kejatuhan cicak, namun tidak diiringi dengan musibah yang menimpa. Banyak pula yang tertimpa musibah, padahal tidak kejatuhan cicak sebelumnya.
Lalu, bagaimana jika hati terlanjur berdebar atau takut karena tiba-tiba cicak jatuh di kepala? Menyobek mulut cicak adalah penyiksaan, tidak pula mencegah dari kesialan jika harus terjadi, dan yang fatal, hal itu juga menjerumuskan ke dalam syirik. Tak ada hubungan antara musibah dengan mulut cicak.

Nabi saw ditanya tentang kafarah bagi orang yang terlanjur melakukan ‘thiyarah’, Beliau menjawab, hendaknya dia membaca (Allahhumma laa khoiro illaa khoiruka wa laa thoiro illaa thoiruka wa laa ilaha ghoiruka) ” Ya Allah, tidak ada kebaikan kecuali telah Engkau tetapkan. Dan tidak ada keburukan, kecuali telah Engkau tetapkan. Dan tidak ada Tuhan selainMu (yang berhak disembah).” (HR. Imam Ahmad, dishahihkan oleh Al-Abani dalam Ahadits ash-Shahihah)
Semoga Allah melindungi kita dari syirik yang tersembunyi maupun yang terang-terangan.

(Ar-Risalah No.86/Vol.VIII/2 Rajab-Sya’ban 1429 H)

Entry filed under: KHURAFAT. Tags: .

.:: LEBIH BERSIH ::. MALAM NISHFU SYA’BAN

90 Comments Add your own

  • 1. Rahadi  |  July 20, 2014 at 5:38 am

    Aga tegang juga sih

    Reply
  • 2. Ronny Manchunian Whibley  |  July 1, 2014 at 12:32 am

    baru saja saya kejatuhan anak cicak tepat di kepala…… lalu saya tangkap cicak itu lalu bnuh dia… setelah itu saya membaca artikel ini dan terus menyesal………. ya allah ampunilah hambamu ini yg kekurangan ilmu……. amin…………

    Reply
  • 3. fina  |  June 18, 2014 at 8:58 pm

    aku tadi siang kjthn cicak kata mamah ku itu hal jelek?

    Reply
  • 4. romerro  |  June 18, 2014 at 12:34 am

    saya kejatuhan cecek, besok nya saya dapat duit 8 Jt, seminggu kemudian anak saya demam, demam krn gigi nya mau tumbuh, hari berikut nya saya dapat uang 12 jt ..

    Reply
  • 5. martina  |  June 11, 2014 at 8:51 am

    aku pas masuk kantor juga kejatuhan cicak,,,,,Ya Allah semoga tidak terjadi kesialan apapun,,,,karna aku telah membaca doa di atas,,,semoga semua menjadi berkah tersendiri aminn

    Reply
  • 6. Sumarno Halim  |  May 16, 2014 at 10:58 pm

    pertengahan april 2014 , aku kejatuhan cecak di kepala , pada saat buka pintu pagar , awal mei ibuku passed away.

    Reply
  • 7. hafis  |  May 5, 2014 at 8:36 pm

    Saya barusan ke jatuhan cicak. Tetapi setelah baca blog ini dan membaca doa’nya hatiku jadi lega dan nyaman kembali. Semoga tidak terjadi apa-apa ya allah gusti :)

    Reply
  • 8. Nenii chi'Raztta slLow  |  April 18, 2014 at 6:27 am

    smlm saya kejatuhan cicak sumpah saya kaget banget saya takut terjadi sesuatu sama keluarga saya tapi pas cari tau tentang cicak ehh ketemu artikel ini jadi nggak degdeg kan lg makasih yaa ^_^

    Reply
  • 9. Tambah Follower  |  April 9, 2014 at 5:01 am

    Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging
    for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is fantastic,
    let alone the content!

    Reply
  • 10. Gilang  |  February 19, 2014 at 12:02 am

    Saya lg tdrn trus cicak lngsng jatuh ke mata saya trus saya lngsng cuci muka, setelah membaca doa di atas hati jadi tenang semoga ALLAH selalu melindungiku dan keluargaku semoga ALLAH memberi umur panjang kepada ke dua orang tuaku dan adik kk ku dan memberi umur panjang kepada teman2 ku amin.

    Reply
  • 11. setyorini  |  February 10, 2014 at 8:56 am

    saya adalah orang dengan pobia cicak terhebat…, jadi kesialan ketiban cicak bagiku bukan dari sisis mitosnya tapi memang.iiiiiiii ngeriiii bangetttt…. jijik…. aku baru ngeliat cicak dari juauuuuhhhh aja ngeri apalagi kejatuhan binatang satu itu…. hiiiii….

    Reply
  • 12. Manfaat Cicak | Caramanfaat.net  |  February 4, 2014 at 9:01 am

    […] .:: KEJATUHAN CICAK, Sinyal Ketiban Sial? ::. | Just Hope … […]

    Reply
  • 13. mariani  |  January 29, 2014 at 9:09 pm

    saya juga baru kejatuhan cicak, tp setelah baca tulisan di atas saya legah dan tidak takut

    Reply
  • 14. desti  |  January 25, 2014 at 6:03 pm

    Aku juga barusan kejatuhan cicak, setelah membaca do’a tersebut hati saya merasa lega.. terima kasih… blog yang bermanfaat…

    Reply
  • 15. faritt  |  January 25, 2014 at 5:21 pm

    Terima kasih infonya.. Baru saja saya kejatuhan cicak.. hari langsung berdebar” takut ada yang yang tidak di inginkan terjadi.. sekali lagi terima kasih

    Reply
  • 16. Delisya  |  January 12, 2014 at 5:51 pm

    Ya Allah.. semoga gak terjadi apa apa :)

    Reply
  • 17. deya  |  January 5, 2014 at 11:15 pm

    pertama sangat gugup dengan kejatuhan cicak di toilet ini.setelah membaca blog ini jadi lebih tenang dan semoga tidak terjadi apa apa .amin. semoga Allah SWT selalu menjagaku keluargaku dan kita semua..terimakasih banyak informasi yg sangat bermanfaat ini!!!:)

    Reply
  • 18. Deasy  |  January 3, 2014 at 12:20 pm

    Awal na dr pgii mata sblh kiri bwh kedutan trs ampe skrg,kbtulan q suami n anak lgi tdran eh ga tau na brusan ja suami q kjatohan cicak dr atap ke paha na dy… ya allah mudah”n g trjadi apa” sm klrga kcil q dan kluarga bsar q trmsk ayah n ibu q srta adik” q……..
    Amin…..
    Tp stlh membaca inii sdkt lega tp msh tkt….

    Reply
  • 19. kennan edram  |  December 5, 2013 at 6:40 am

    Sy sedang di rundung masalah dan tiba2 pagi hari saat bangun seekor cicak jatuh tepat d kepalaku, sebenarnya aku tidak suka pada tahayul, tp entah kenapa hari ini aku ingin sejali meyakinkan bahwa adakah firasat kejatuhan cicak menurut islam.,alhamdulillah setelah membaca ini aku yakin lagi bahwa pertanda kesialan itu adalah musyrik, aku selalu yakin Allah akan terus menolongku, dan kejadian apapun itu adalah hal terbaik yg Allah tetapkan untuk aku.

    Reply
  • 20. Fivin  |  December 4, 2013 at 4:12 pm

    Thankz atas inf0nya
    Jadi sadar nieh

    Reply
  • 21. an69a  |  November 29, 2013 at 10:33 am

    Apa kbr yg pernah kejatuhan cicak, msh sehat khan?? ;)

    Reply
  • 22. memek mbak mo  |  November 5, 2013 at 7:09 pm

    brusan aku juga kejatuan cicak di kepala….
    tapi langsung kramas dan berdoa spaya hati tenang

    Reply
  • 23. Shintia ELF  |  October 15, 2013 at 7:55 pm

    pas waktu aku mau ke wc, ada cicak jatuh di tangan kiri, takut terjadi apa-apa, mudah mudahan aja itu jadi pertanda baik, bukan sebaliknya
    AMIIN

    Reply
  • 24. bambang  |  October 10, 2013 at 4:59 pm

    Masih untung kejatuhan cicak, ALLAHU AKBAR…cba bayangin kalau kejatuhan martil dikepala??? sakiiittt bro..nah ini mungkin baru sial…udah lah percaya aja ama ALLAH!!! gk usah lebay berdo’a solusinya….mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaf………………………

    Reply
  • 25. ika daruwati  |  October 7, 2013 at 9:29 pm

    Barusan pas buka pintu rumah ketika ingin masuk k rumah tepat d bawah pintu sya kejatuhan cicak d kepala..hati jd was2 n pikiran k keluarga..sy cri web ttg cicak dan ketemu blog ini..blog ini yg melegakan skali dan membuat sy lngsng tersadar krn smua yg terjadi d dunia ini sudah d atur olehNya..dan percaya kpda selain Allah adalh perbuatan musyrik..astaghdirullah hal’adzim..terima kasih y blog nya..

    Reply
    • 26. arif dwi prasetyo  |  October 8, 2013 at 8:32 pm

      Alhamdulillah…. Marilah kita selalu bertawakal & berserah diri hanya kepada-Nya

      Reply
  • 27. sigit  |  September 24, 2013 at 1:32 am

    Gw malem ni kejatuhan cicak 2x..hadeehh
    Dalam hati gw,,knapa gak kejatuhan syahrini aj atau siapa lah gtu artis2 dangdut :p

    Reply
  • 28. euisrahayue  |  September 22, 2013 at 8:22 pm

    tahun lalu te2h aku kJatuhan cicak kcil ,dah gtU keesokah hr ny abg aku yg meninggal.trus td aku kjatuhan cicak uga tp cicak ny gde .aku jd takut ma kJadian te2h aku waktu it

    Reply
  • 29. Abdhul Fikih  |  September 21, 2013 at 6:24 pm

    Kmrin guw biz k.jatuhan cicak i ats kpla,,, tpi guw msh tkt ja,, ya allah lindungilah aq dan semua kluarga bsar ku..
    Amiennn

    Reply
  • 30. Fendilaw Thok  |  September 13, 2013 at 3:16 pm

    2 hari yg lalu aku kejatuhan cicak trus ga terjadi apa2 (kayanya) nah lima menit yg lalu ane kejatuhan cicak lg dipundak… dulupun sering kejatuhan cicak, tp jarang kena sial abis kejatuhan cicak :)

    Reply
  • 31. adhy  |  September 9, 2013 at 7:58 am

    td malam aq kejatuhan cicak sewaktu lagi nutup gerbang, cicaknya besar lagi sekitar kurang lebih 15 cm, mudah2an tidak terjadi apa2, amin ( tp plasdiks hilang, data2 penting lagi ), mudah2 an ketemu, amin

    Reply
    • 32. arif dwi prasetyo  |  September 12, 2013 at 9:35 am

      Amin, semoga dijauhkan dari keburukan dan musibah …

      Reply
  • 33. bayoangin  |  September 6, 2013 at 2:16 pm

    Baru buka pintu kamar mandi cicak jatuh di bahu kanan ,, kwkwkwk … Ya semua ke hendak ALLAH.SWT :)

    Reply
  • 34. pras  |  September 2, 2013 at 7:07 am

    Masih deg2an dan takut,,
    Ya Allah semoga tidak terjadi apa2 sama keluargaku,,..
    Amien,…..

    Reply
  • 35. riskathemes  |  August 31, 2013 at 3:57 pm

    Ya allah sya barusan kejatuhan cicak’ tapi cicaknya gk di atap , cicak nya pas di pintu aku buka pintunya di jatuh pas tepat di atas kepalaku, gimana nih , apa yg harus sya lakukan ? ;’(

    Reply
    • 36. arif dwi prasetyo  |  September 1, 2013 at 5:08 pm

      Berdoa dan berharaplah hanya pada Allah semata, semoga kita dijauhkan dari setiap bahaya dan keburukan… Amiin

      Reply
  • 37. Devni andriyanto  |  August 12, 2013 at 8:49 pm

    Barusan aq kejatuhan cicak di punggung…. Itu pertanda apa ya…????

    Reply
  • 38. aga  |  August 7, 2013 at 3:14 am

    semoga mitos ini gak benar ya allah
    tadi abis kejatuhan cicak , semoga engga terjadi apa2 di dalam keluarga saya ya allah

    Reply
  • 39. Olvin Septiani  |  July 20, 2013 at 8:36 pm

    Ya Allah aku gag tau ini pertanda apa
    tapi hamba selalu mohon kepada-Mu untuk memberi perlindungan dan menjauhkan segala macam bahaya dari keluarga hamba.
    Amien :-(
    By : Olvin Septiani

    Reply
  • 40. hakikicahwelikdewe@gmail.com  |  June 19, 2013 at 11:11 pm

    semoga saja mitos kejatuhan cicak tdk benar,,,,,,,,,,,,,,, ya alloh lindungilah hamba, dari berbagai nacam musibah,

    Reply
  • 41. angga  |  June 18, 2013 at 8:23 pm

    wahh saya tadi habis kejatuhan cicak..

    Reply
  • 42. Riska  |  May 31, 2013 at 9:25 pm

    Q td kjatuhan cicak,rsanya takut deg”an,smoga kIta smua trliNdungi oleh allah swt

    Reply
    • 43. fr3dy  |  July 6, 2013 at 10:33 pm

      wajar lah ged2an soalnya kan kaget bner gak?
      klo cicak nya permisi dlu gk bklan kaget n deg2an
      wkwkkwkw

      Reply
  • 44. Riska  |  May 31, 2013 at 9:23 pm

    Hemb,,,moga sehat smua

    Reply
  • 46. dedi setiawan (from gorontalo )  |  May 26, 2013 at 9:24 pm

    saya barusan saja kejatuhan cicak pas dikepala saya ! terus langsung deh cari artikel tanda tentang jatunya cicak dikepala hmmpp untung aja akau ngk langsung percaya dengan mitos2 tentang pertanda cicak itu .. untung aja ada artikel ini ..jadi ilang deh rasa was2 gue hehehe

    Reply
  • 48. Muhammad faizal  |  May 26, 2013 at 8:48 pm

    barusan saya kejatuhan cicak di jaket , saya pun langsung berdebar dan langsung berfikir aneh-aneh . tapi setelah membaca artikel ini ternyata percaya terhadap begituan termasuk perbuatan syirik . Alhamdullilah makasih buat blog ini :))

    Reply
  • 51. 2 ayu  |  April 29, 2013 at 9:50 pm

    Ya allah,berikanlah perlindungan buat adik, ibu,bapak,dan juga saya ya allah..

    Hamba yakin hanya kepada engkaulah hamba memohon,ya allah..
    sembuhkanlah adik hamba dari penyakit batuk ny ya allah..hamba mohon :’(
    ROBBANAADINNAFITDUNYAHASANATAWAFILAKHIROTIKHASANATAWAKINNAADZABANNAR, ROBIGFIRLYWALIWALIDAYYA

    AMIIIN :’(

    Reply
  • 53. zamrina  |  April 23, 2013 at 2:41 pm

    subhanallah artikel yg bagus, smoga cicak2 yg nempel di dinding/plavon lain kali pegangangannya yg kuat agar tdk membuat degdegan orang yg kejatuhan:D

    Reply
  • 55. Kuat Selamat  |  April 22, 2013 at 5:24 pm

    aku KeJatuhan Cicak barusan Aja…
    Tapi Sial nya Udah trjadi 1 minggu yang Lalu…( KEJATUHAN BUAH KELAPA PAS DI KEPALA Q )

    iNi namanya Sial Dulu Baru Kejatuhan Cicak….!!!

    Reply
  • 56. Anu  |  April 13, 2013 at 5:18 pm

    kejatuhan cicak kan sial ~he ~he
    untung ngak kejatuan ~kudanil

    Reply
  • 57. iis baroqah  |  February 21, 2013 at 7:08 pm

    Alhamdulillah baca web ini, saya tidak mempercayai hal itu

    Reply
  • 59. iqbal taufiq rizqi  |  February 10, 2013 at 10:43 pm

    brsan saya kpla saya kjthan cicak, dan hati sya terus berdebar, dan saya tidak berdebar lagi setelah membaca doa di atas..
    dan sm0ga ALLAH SWT mendekatkan kbaikan kpd keluarga saya dan menjauhkannya dari kburukan..
    amin.,

    Reply
    • 60. arif dwi prasetyo  |  February 11, 2013 at 10:34 am

      Amiin, semoga Allah senantiasa menjaga dan memberikan pertolongannya kepada kita..

      Reply
  • 61. Jebraak  |  February 3, 2013 at 7:33 pm

    Sy brsan kejatuhan cicak di kepala bagian blkang,stlh bc artikel diats ht trs lega..smw q serahkan pd illahi..

    Reply
    • 62. arif dwi prasetyo  |  February 4, 2013 at 8:45 am

      Amin, semua yang terjadi adlah atas kehendak-Nya. Serahkn semuanya pada Allah, dan smg kita senantiasa diberikan yang terbaik……

      Reply
  • 63. lyimien lhemen  |  January 31, 2013 at 10:26 pm

    saya barusan di timpa cicak hati saya berdebar2 takut terjadi apa,, saya jauh dari orang tua saya,,, emang perna terjadi klau di timpa cicak itu adalah petanda buruk,,, tpi q serakan smuanya kpada allah,, hnya allah yg tau,,

    Reply
    • 64. arif dwi prasetyo  |  February 1, 2013 at 1:50 pm

      Benar sekali, serahkan semuanya kepada Allah. Tidak ada hubungan antara kejatuhan cicak dengan kesialan. Semua yang terjadi atas kehendak Allah, jadi mari kita perbanyak berdoa dan bertawakal kepada-Nya semata…. (^.^)

      Reply
  • 65. devy muacja  |  December 8, 2012 at 7:55 pm

    saya brusan dijatuhn cicak…pa bnar tu tdk buat sial ma diri sya dan kluarga saya….??

    Reply
    • 66. arif dwi prasetyo  |  December 9, 2012 at 9:02 am

      Tidak ada hubungannya antara kejatuhan cicak dengan kesialan, karena tidak ada yang bisa memberikan manfaat maupun madhorot (kejelekan) selain Allah. Yakinlah dan bertawakallah hanya kepada Allah SWT semata,

      Reply
  • 67. meme maysaroh  |  December 1, 2012 at 7:40 pm

    meme baru kejatuhan cicak
    udh d baca semuanya..
    tpi hati masih dag dig dug takut kenapa2 ,,

    Reply
    • 68. hamba Alloh  |  December 1, 2012 at 9:01 pm

      percaya lah pada Alloh.dan jangan sekali kali menyekutukanNYA.sekecil apapun itu.

      Reply
  • 69. zenal  |  November 25, 2012 at 7:57 pm

    Barusan saya kejatuhan cicak tetapi saya juga merasa sedikit was was ,tetapi setelah membaca artikel diatas saya merasa agak tenang ,,terlebih saya jauh dari keluarga menjadikan saya lebih menghawatirkan sesuatu terjadi ke keluarga saya tapi semua kembali saya serahkan pada allah semoga itu bukan pertanda apa pun

    Reply
    • 70. arif dwi prasetyo  |  November 28, 2012 at 7:07 pm

      Alhamdulillah……

      Reply
  • 71. susan  |  November 15, 2012 at 8:49 pm

    saya barusan kejatuhan cicak pas lagi share ada tulisan ini hati jadi tambah tenang
    alhamdulillah
    sangat bermanfaat

    Reply
    • 72. arif dwi prasetyo  |  November 20, 2012 at 3:34 pm

      alhamdulillah, semoga Allah selalu memberi petunjuknya kepada kita dan dijauhkan dari hal-hal yang berbau khurafat…

      Reply
  • 73. Nina Ekasari  |  November 15, 2012 at 12:54 pm

    Ijin share kak , barusan saya kejatuhan cicak, alhmdulilah saya nemuin ini blog mksi kak atas sarannya ..

    Reply
    • 74. arif dwi prasetyo  |  November 20, 2012 at 3:32 pm

      Y, semakin banyak di share semoga semakin banyak bermanfaat…

      Reply
  • 75. pwr  |  November 8, 2012 at 10:32 pm

    barusan aku kejatuhan cicak…mudah2an besok tidak ada apa apa..amin

    Reply
  • 76. Tyok Siap Perang  |  September 2, 2012 at 4:08 am

    terima kasih mas..pengalaman sy persis kayak yang dialami mas “ajun”, berusan kepala sy kejatuhan cicak…sejenak ada rasa gelisah.tp pas otak-atik komputer sy nemuin blog ini,sy jd lebih lega.
    sekali lagi terima kasih ya maass..sungguh bermanfaat.

    Reply
    • 77. arif dwi prasetyo  |  September 13, 2012 at 5:25 pm

      Sama-sama. Semoga bermanfaat (^.^)v

      Reply
  • 78. arjun  |  May 15, 2012 at 11:43 pm

    wahhh ini baru pas…
    barusan kepalaku kejatuhan cicak kecil…aku tanya ke adik yg kebetulan santri,dia bilang cicaknya aja yang sial,lupa pegangan trs jatuh …..
    akhirnya aku buka kom aku cari2 ketemu ini…..
    bener2 bermanfaat……

    Reply
    • 79. arif dwi prasetyo  |  May 22, 2012 at 2:53 pm

      Alhamdulillah, semoga bermanfaat………. (^.^)

      Reply
  • 80. Smash  |  February 25, 2012 at 7:24 am

    Heemmm…smuanya kembali pada keyakinan dan kemantapan hati..

    Reply
  • 81. mas eko  |  February 14, 2012 at 8:05 pm

    baru saja kepala ku kejatuhan cicak kecil…. alhamdulillah..Allah telah menuntunku menemukan tulisan ini begitu aku googling… jazaakumullahu khiron katsiro….

    Reply
    • 82. arif dwi prasetyo  |  March 3, 2012 at 3:00 pm

      wa iyyakum…. Semoga bermanfaat (^.^)

      Reply
  • 83. Ekiwildanagustaisnainisiregar Palinggantengsedunia  |  December 24, 2011 at 7:47 am

    wah,bagus ,…

    Reply
  • 84. Sho Fiy Yullah  |  December 16, 2011 at 6:34 pm

    entah kenapa setiap saya mengalami hal yang gak enak
    lalu membaca tulisan yang berkaitan dengan ini hatiku menjadi lega kembali

    Reply
    • 85. arif dwi prasetyo  |  December 17, 2011 at 2:11 pm

      alhamdulillah….

      Reply
  • 86. Siee Adhiee  |  September 18, 2011 at 4:03 pm

    waahhh…
    makasih atas sarannya

    Reply
    • 87. arif dwi prasetyo  |  September 21, 2011 at 9:14 am

      Sama2. Semoga bermanfaat (^.^)

      Reply
  • 88. Wisnu  |  September 12, 2011 at 4:09 am

    thank u atas ilmunya..
    kemaren pas buka pintu ada cicak lansgung jatuh di tangan… makanya langsung takut aja gw…

    sekali lagi thanks yaa sekarang lebih lega..
    ^_^

    Reply
    • 89. arif dwi prasetyo  |  September 21, 2011 at 9:15 am

      you’re welcome. Semoga bermanfaat (^.^)

      Reply
  • 90. Nukasev Dede  |  June 19, 2011 at 12:19 pm

    apa ya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Archives

Jangan Lupa Shalat Ya!

Guest

  • 50,815 pengunjung

Hijri Calender

My Twitter

Yahoo Messenger

Save Palestine

More Photos

Waiting For

Road To Solo & WonogiriMarch 8th, 2014
I'm Coming ...........

Masukkan email anda

Join 1 other follower

My Location

08564752xxxx
Keep Istiqomah !

Calendar

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

My Profile

arif dwi prasetyo

arif dwi prasetyo

I am a simple man who like the simplicity

View Full Profile →

Member of The Internet Defense League


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: